Kenali Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

Headline, Lifestyle35 Dilihat

Kabarpublic.com – Kopi hitam tanpa gula memeliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya mampu menurunkan berat badan dan risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan berbagai nutrisi yang ada di dalam kopi akan lebih maksimal untuk kesehatan bila tanpa tambahan pemanis, seperti gula.

Mengonsumsi kopi “kekinian” dengan berbagai pemanis dan rasa sepertinya sudah menjadi gaya hidup.
Padahal, kopi hitam dapat menawarkan banyak manfaat yang lebih optimal bagi kesehatan jika tidak menggunakan pemanis.

Berbagai Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula. Kopi hitam mengandung kafein, kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium. Selain itu, zat besi, vitamin E, vitamin K, dan niacin juga terkandung dalam kopi hitam walaupun jumlahnya sedikit.

Nah, Berikut 8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan dilansir dari laman Alodokter.com.

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula mampu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kafein di dalamnya yang dapat membantu mengendalikan berat badan dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula tidak akan menambah asupan gula tubuh. Pasalnya, mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, jika Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tidak ada salahnya untuk minum kopi hitam tanpa gula.

2. Meningkatkan stamina tubuh

Kandungan kafein dalam seduhan kopi hitam tanpa gula mampu merangsang sistem saraf pusat, sehingga dapat meningkatkan stamina dan menjaga energi dalam tubuh.

Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan daya tahan otot dan mencegah tubuh menjadi cepat lelah saat berolahraga.

3. Mencegah depresi

Minum secangkir kopi hitam tanpa gula mampu mencegah depresi. Manfaat kopi hitam tanpa gula ini di peroleh berkat kandungan kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat. Selain itu, kafein juga berperan dalam meningkatkan senyawa kimia dopamine dalam otak yang berkaitan dengan suasana hati.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Kandungan senyawa kompleks dalam kopi, seperti kafein dan asam klorogenat, mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Manfaat kopi hitam tanpa gula ini berkat sifat antioksidan dan antiperadangan yang di milikinya, sehingga tubuh dapat terlindungi dari bahaya radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

5. Mengurangi risiko terjadinya penurunan kerja otak

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak dalam bekerja akan menurun. Hal ini bisa memicu terjadinya penurunan daya pikir dan daya ingat, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Nah, kandungan kafein dan senyawa antioksidan lainnya pada kopi hitam mampu mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Dengan begitu, risiko terjadinya penurunan kerja otak dapat di turunkan.

6. Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat kopi hitam tanpa gula selanjutnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Hal ini di yakini berkat kandungan kafein dan antioksidan di dalamnya.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin untuk menjaga kadar gula darah.

7. Menjaga kesehatan hati

Selain menurunkan risiko terkena penyakit di abetes, kopi hitam tanpa gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, bahkan bisa menurunkan risiko terbentuknya jaringan parut dan kanker hati pada penderita gangguan hati. Manfaat kopi hitam tanpa gula ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

8. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Kandungan kafein dan senyawa antioksidan lainnya dalam kopi hitam tanpa gula berperan dalam melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dalam batas wajar dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Walaupun memiliki banyak manfaat kesehatan, asupan kopi hitam tanpa gula tetap perlu di batasi, ya. Alih-alih memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping, seperti sulit tidur, sakit perut, jantung berdebar, dan sering buang air kecil.

Agar tidak menimbulkan efek samping akibat mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara berlebihan, konsumsilah hanya 400 miligram kafein atau 4 cangkir kopi per hari.

Sementara itu, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari atau setara 2 cangkir kopi per hari.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat kopi hitam tanpa gula tetapi memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti GERD atau sedang mengonsumsi obat-obatan seperti obat jantung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui batas aman konsumsi yang sesuai. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *