181 Santri TPA Ikuti Diwisuda, Indah Putri: Baca, Pahami dan Amalkan Al Qur’an

Daerah, Pendidikan64 Dilihat

LUWU UTARA, KABARPUBLIC.COM – Sebanyak 181 santri tingkat TPA/TPQ se-kecamatan Mappedeceng mengikuti prosesi wisuda, Ahad (9/6/2024), di Masjid Nurul Huda Cendana Putih, Mappedeceng.

Prosesi wisuda santri ini dihadiri orang nomor satu di kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Bupati dua periode ini terlihat begitu semangat ketika bertemu dengan para santri TPA.

Dalam sambutannya, Bupati Indah Putri Indriani menitip pesan kepada para santri yang telah mengikuti prosesi wisuda untuk terus membaca Al Qur’an, serta mengamalkannya.

Pesan yang sama juga ia sampaikan kepada para orang tua santri yang juga terlihat turut hadir mendampingi anak-anaknya dalam mengikuti seluruh prosesi wisuda santri TPA/TPQ.

“Saya titip ini, para orangtua, anak-anak kita ini dipastikan terus baca Al Qur’an. Tidak sekadar melek membaca dan tamat, tetapi juga paham, dan mengamalkannya,” kata Indah.

“Karena sebaik-baik orang itu adalah yang bisa membaca, paham, dan dapat mengamalkan isi dari kandungan Al Qur’an itu sendiri,” sambung Bupati perempuan beralias IDP ini.

Kepada BKPRMI sebagai penyelenggara wisuda, bekerja sama dengan Pemda dan Kemenag Luwu Utara, IDP juga berpesan agar tetap berkontribusi dalam membina para santri TPA

“Saya juga titip ya, buat BKPRMI untuk memastikan, tidak sekadar membuat anak-anak kita melek Al Qur’an, tetapi tak kalah pentingnya, mereka paham, dan mengamalkannya,” harapnya

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag, M. Alwi Yunus, dalam sambutannya mengatakan bahwa wisuda TPA adalah kegiatan memberikan semangat kepada para orangtua santri.

“Wisuda ini bukan berarti begitu selesai wisuda, maka tak lagi menyentuh Al Qur’an, tidak seperti itu. Kita selesai baca Al Qur’an, maka diberikan semangat untuk diwisuda,” terang Alwi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BKPRMI Luwu Utara, Amiruddin, tak lupa bersyukur dan memuji kehadiran Bupati Indah Putri Indriani dalam kegiatan prosesi wisuda tersebut.

“Sungguh kita berbahagia hari ini karena wisuda santri dihadiri orang nomor satu di Luwu Utara, Ibu Indah Putri Indriani,” kata Amiruddin, diiringi applaus peserta dan undangan yang hadir.

Amir, mengungkapkan bahwa Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini adalah sosok yang begitu peduli dan sangat perhatian terhadap santri-santri TPA.

“Sejak saya aktif di BKPRMI, saya perhatikan beliau kalau acara santri TPA, apakah wisuda tingkat kabupaten, kecamatan, desa, bahkan masjid pun, beliau selalu sempatkan hadir,” terangnya.

Untuk itu, Amir mengajak para santri dan seluruh tamu undangan yang hadir untuk mendoakan Bupati Indah Putri Indriani agar selalu diberikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT.

“Kita berdoa bersama, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada beliau dan mengabulkan segala hajat-hajat beliau,” ucap Kepala MA-DDI Masamba ini.

Sebelumnya, Ketua BKPRMI Mappedeceng, Taufik Hidayat, menyebutkan, ada 186 santri yang telah mengikuti munaqasyah, dan 181 santri dinyatakan lulus dan berhak mengikuti wisuda.

“Peserta yang melaksanakan munaqasyah adalah 186 santri, dan 181 santri dinyatakan lulus dan berhak mengikuti prosesi wisuda pada hari ini. Sementara lima peserta lainnya dinyatakan belum memenuhi syarat,” katanya. (LHr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *