Pertamina Patra Niaga Sulawesi Gelar Kompetisi Keahlian dan Peningkatan Kompetensi Operator

Ekobis80 Dilihat

KABARPUBLIC.COM – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, melalui Aviation Fuel Terminal (AFT) Hasanuddin Makassar, menggelar rangkaian kompetisi keahlian dan pelatihan peningkatan kompetensi Operator, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen aviasi.

Kegiatan ini diadakan dari 4 sampai 19 April di kantor dan area operasional AFT dengan melibatkan unit-unit lokasi di seluruh wilayah Sulawesi.

Agenda kegiatan mencakup knowledge challenge, simulation challenge, interview challenge, dan sesi penjurian.

Sebanyak 7 peserta dari berbagai wilayah Sulawesi telah lolos seleksi dan terpilih mewakili unit mereka di masing-masing kota dalam kegiatan Receiving, Storage & Distribution dan Refuelling Challenge.

Peserta terpilih tersebut berasal dari AFT Haluoleo Kendari, AFT Jalaludin Gorontalo, AFT Mutiara Palu, dan AFT Hasanuddin Makassar.

Wisnu Fajar Baskoro, Region Manager Corporate Operation & Service Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, menekankan peran kritis ground handling dalam keselamatan penerbangan, termasuk tugas pengisian bahan bakar avtur ke pesawat.

“Petugas ground handling, termasuk operator pengisian bahan bakar, tidak hanya mempersiapkan pesawat sebelum terbang, tapi juga harus memiliki keahlian dan sertifikasi khusus sebagai Refuelling Operator (RO), sama pentingnya dengan pilot, flight attendant, dan teknisi pesawat dalam menjaga keamanan penerbangan” jelasnya.

Fahrougi Andriani Sumampouw, Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, mengungkapkan jika Kompetisi ini dirancang sebagai pelatihan untuk meningkatkan standar kompetensi dan sertifikasi bagi operator.

“Fokus utamanya adalah pada penanganan bahan bahar yang mudah terbakar serta keselamatan operasional. Ini penting untuk memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi penerbangan, serta memenuhi standar Health, Safety, Security & Environment (HSSE).” ungkapnya.

Fahrougi juga menegasakan bahwa, selain menyediakan bahan bakar avtur yang berkualitas, Pertamina juga telah memiliki standar dalam pelayanan avtur yang mengacu pada standar internasional dan asosiasi maskapai global seperti dari International Air Transport Association (IATA).

Para peserta menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi mereka serta kualitas layanan kepada konsumen.

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mengoperasikan 7 Aviation Fuel Terminal yang tersebar di wilayah Sulawesi yaitu Makassar, Kendari, Manado, Gorontalo, Palu, Luwuk, dan Mamuju. Layanan ini berupa penjualan avtur kepada maskapai untuk regular flight, charter flight cargo, dan juga TNI/Polri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *