Inilah Empat Duta Anak Luwu Utara 2024 Terpilih, Satu Duta Anak Favorit

Daerah, Pendidikan58 Dilihat

Kabarpublic.com – Empat pelajar berhasil terpilih sebagai Duta Anak Kabupaten Luwu Utara dalam acara Penganugerahan Duta Anak Kabupaten Luwu Utara 2024 yang dilaksanakan pada Jumat (7/6/2024), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Empat pelajar tersebut masing-masing Amanda Dwi Kharisma terpilih sebagai duta anak terbaik pertama, Muhammad Rama Apriansyah (II), Nayla Anandita (III), serta Parid Wildan Maulana (IV). Sementara Duta Anak Favorit diraih Nabila Aliyah Saputri.

Penganugerahan Duta Anak Luwu Utara ini dihadiri Asisten Administrasi Umum M. Asyir Suhaeb, Ketua DPRD Drs. Basir, Wakapolres, Sekretaris DP3AP2KB Rohadi Patwa, Sekretaris Diskominfo-SP Anshar, serta Sekretaris Inspektorat Sofyan Hamid.

Asisten Administrasi Umum Asyir Suhaeb saat membacakan sambutan Bupati mengatakan bahwa pemilihan duta anak merupakan sebuah kegiatan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Forum Anak sebagai Agen Pelopor dan Pelapor (2P).

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini salah satunya adalah memberikan ruang kepada anak untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan anak dalam berekspresi, sehingga melahirkan agen perubahan yang bisa membanggakan daerah,” ujar Asyir.

Mengingat pentingnya keberadaan duta anak tersebut, maka Asyir berharap seluruh perangkat daerah yang terkait langsung dengan pemenuhan hak anak untuk melibatkan Forum Anak sebagai peserta dan pelaksana kegiatan yang fungsinya sebagai agen 2P.

“Perangkat daerah kita harapkan lebih aktif melakukan kegiatan, baik dalam pencegahan maupun penanganan, jika menemukan, melihat dan mendengar kasus kekerasan yang terjadi, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan lainnya,” jelasnya.

Asyir mengatakan, pemilihan duta anak bukan sebuah ajang kompetisi, melainkan sebagai wujud nyata kepedulian Pemda Luwu Utara pada masa depan anak sebagai penerus bangsa. Ia pun berharap agar peserta yang belum terpilih untuk tidak berkecil hati.

“Jangan berkecil hati. Teruslah berperan sebagai agen pelopor dan pelapor , karena teman-teman kalian di luar sana mungkin tidak seberuntung kalian. Untuk itu, kalian sangat dibutuhkan untuk memperjuangkan hak mereka sebagai anak,” terang Asyir lagi.

“Kalian adalah aset masa depan kami. Jadilah panutan dengan sikap dan perilaku serta karakter yang baik, sehingga para orang tua optimistis dan yakin bahwa kabupaten Luwu Utara ini akan lebih hebat di tangan pewaris yang lebih hebat pula,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris DP3AP2KB, Rohadi Patwa menyebutkan bahwa Pemilihan Duta Anak 2024 ini diikuti oleh 18 peserta yang mendaftar secara daring dan luring. Peserta, kata dia, juga mesti melewati beberapa rangkaian tes.

“Proses pelaksanaan Pemilihan Duta Anak Luwu Utara ini diawali dengan pendaftaran secara yang dilakukan secara daring (online) dan luring (offline), serta dilanjutkan pelaksanaan tes, yaitu tes tertulis, wawancara, dan tes bakat atau kemampuan,” ucap Rohadi.

Ia mengatakan, empat duta anak terpilih dan satu duta favorit akan mengikuti kegiatan Festival Forum Anak Sulawesi Selatan (FFASS) yang akan dilaksanakan pada 5-7 Juli 2024 di Makassar. Pada Penganugerahan Duta Anak 2024, hadir pula Duta Anak 2023. (LHr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *