Cafe Demokrasi Diinisiasi KPU Sulsel, KPU Palopo Ajak Awak Media Sukseskan Pilkada Tahun 2024

News169 Dilihat

PALOPO, KABARPUBLIC.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala Daerah Kota Palopo, di D’lino Coffe, Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan cave demokrasi yang diinisiasi KPU Provinsi ini sebagai bentuk sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Kegiatan ini membahas terkait peran media dalam menyukseskan pilkada 27 November 2024 mendatang.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Anggota Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra dan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luwu Raya, Wahyudi Yunus.

Komisioner KPU Kota Palopo, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Abbas Djohan memberikan apresiasi kepada para wartawan yang memberikan informasi kepada masyarakat dalam menyukseskan seluruh tahapan Pilkada.

“Kita apresiasi ke teman-teman media dalam memberikan infomasi tahapan Pilkada yang sedang berjalan kepada masyarakat secara akurat dan profesional,” kata Abbas Djohan, Selasa (25/6/2024).

Selain itu, kata Abbas, kegiatan ini bertujuan juga untuk mempererat silatuhrahmi antara penyelenggara pemilu dan media, dalam memberikan informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat.

“Saya juga berharap kepada teman-teman media dalam memberikan infomasi terkait pilkada nantinya, sehingga terciptanya pilkada yang damai, aman dan lancar” ujar Abbas.

Lebih lanjut, peran media dalam demokrasi sangat berperan penting untuk menjaga kondusifitas.

“Jadi peran media sangat penting dalam menjaga kondusifitas pilkada dan media juga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk terciptanya pilkada yang damai,” ajaknya.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini telah memasuki tahapan pemuktahiran data pemilih untuk pilkada serentak tahu 2024.

“Kemarin kami telah melantik 468 pantarlih se- Kota Palopo untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih,” jelas Abbas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar sosialisasi.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra dalam kesempatan tersebut menyampainkan terkiat pengawasan yang dilakukan oleh jajarannya.

“Kita terus meningkatkan pengawasan dalam setiap tahapan di Pilkada ini. Seperti yang saat ini kita memberikan himbauan dan sosialisasi untuk menurunkan baliho jika terdapat atau terpasang di rumah ibadah maupun di kantor pemerintahan,” paparnya.

“Jadi untuk sementara baliho yang bertebaran itu kami data. Untuk baliho yang terpasang di kantor-kantor pemerintahan, rumah ibadah, itu kami akan turunkan,” sambungnya.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Palopo, Wahyudi Yunus menyampaikan bahwa peran media dalam menyuseskan pilkada memiliki peran penting. Sebab katanya media salah satu sumber infomasi kepada masyarakat luas.

“Peran teman-teman wartawan sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat dalam menjaga kondusifitas yang positif di pilkada ini,” ujarnya.

Wahyudi juga menekankan pentingnya independensi media, meminta agar wartawan tidak berafiliasi dengan peserta pilkada demi menjaga netralitas.

“Ini juga perlu kami sampaikan, wartawan yang menjadi tim sukses kalau bisa mengundurkan diri ini juga berdasarkan pada putusan dewan pers,” pintanya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Komisioner KPU Palopo, Muhatzir, Iswandi Ismail, Irwandi Djumadin, awak media, Pengunjung Cafe, staf KPU Palopo serta PPK Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *