HeadlineNewsPilihan Editor

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Palopo Sasar Kelompok Tani

258
×

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Palopo Sasar Kelompok Tani

Sebarkan artikel ini
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo melaksanakan sosialisasi untuk segmen Kelompok Tani.

Kabarpublic.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo terus melaksanakan sosialisasi peningkatkan partisipasi dan pendidikan pemilih.

Sosialisasi yang diadakan KPU Palopo dengan menyasar masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani se- Kecamatan Telluwanua.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber dari salah satu Dosen Universitas Mega Buana Palopo yaitu Aprianto Nurdin dan puluhan kelompok Tani yang dilaksanakan di Kelurahan Jaya, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Jumat, 16 Agustus 2024.

Acara sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Anggota KPU Palopo, Divisi Sosidklih, Parmas dan SDM, Abbas Djohan.

Abbas mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan sosialisasi ini tidak lain untuk meningkatkan partisipasi pemilih khusus di Kota Palopo.

Baca juga:  Ribuan Warga Palopo Hadiri Silaturahmi Farid Kasim Judas

“Tentunya kita berharap partisipasi pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Palopo Tahun 2024, pada 27 November 2024 mendatang meningkat,” ujarnya.

Dikatakannya, keterlibatan masyarakat sangat penting untuk menjaga demokrasi di Kota Palopo. Sebab katanya, masyarakat harus menjaga dan mengawasi seluruh proses dan pelaksanaan tahapan Pilkada Tahun 2024.

“Marilah kita bersama-sama untuk menjaga demokrasi ini, sehingga pelaksanaan Pilkada di Kota Palopo berjalan aman, lancar dan damai. Sesuai dengan Tagline PILKADATA ‘Pilkada Untuk Kita’,” imbuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo melaksanakan sosialisasi untuk segmen Kelompok Tani.

Sementara itu, Dosen Universitas Mega Buana Palopo, Aprianto Nurdin dalam materinya menekankan pentingnya keterlibatan seluruh eleman masyarakat dalam menjaga perheletan pilkada di Kota Palopo.

Baca juga:  KPU Palopo Sebut Tak Ada Calon Perseorangan di Pilkada 2024

“Seluruh element masyarakat mampu berperan penting dalam mengawasi seluruh tahapan. Tentunya keterlibatan para kelompok tani juga sangat memiliki peran penting dalam menjaga dan mengawasi tahapan pilkada ini,” ujarnya.

Aprianto juga menjelaskan jika salah satu tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini bagamana pihak penyelenggara melayani hal kepemilikan hak suara dalam setiap orang.

“KPU salah satu lembaga yang menjamin dan menjaga hak kepemilikan hak suara. Dan peran kita itu sangat penting sebagai pemilih karena demokrasi itu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” ungakpanya.

Menurutnya, sturuktur tenaga kerja yang bergerak di bidang pertanian di Kota Palopo, khususnya di Telluwanua itu kurang lebih sekitar 20%.

Baca juga:  Beri Kontribusi Terbesar di Tahun 2023, PT Masmindo Dwi Area Terima Penghargaan Wajib Pajak

“Khususnya Kecamatan Telluwanua untuk sektor pertanian itu sekitar 20% orang yang bekerja, paling banyak dari seluruh Kecamatan yang ada di Kota Palopo. Untuk itu KPU Palopo berharap agar para kelompok tani mampu mengambil peran dalam menyukseskan Pilkada ini,” katanya.

“Tentunya dengan membantu pihak KPU dalam mensosialisasikan tahapan dan menagajak masyarakat dalam menyukseskan pilkada ini dengan jujur, adil, lancar dan damai,” imbuhnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga, KPU Palopo memberikan cinderamata kepada 10 peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi segmen komunitas Kelompok Tani.