NasionalNews

14 Tower Siap Ditempati, 1.700 PNS yang Pindah ke IKN September

78
×

14 Tower Siap Ditempati, 1.700 PNS yang Pindah ke IKN September

Sebarkan artikel ini
Pembangunan apartemen di IKN. (Foto: INT)

Kabarpublic.com – Sebanyak 14 tower sudah selesai untuk dapat ditempati para PNS. Diperkirakan ada sekitar 1.700 pegawai negeri sipil (PNS) akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024.

Demikian diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono pada acara ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Selasa (27/8/2024)

Ia memaparkan untuk menampung sekitar 1.700 PNS tersebut sudah tersedia 14 tower yang sudah selesai dan siap untuk dapat ditempati.

“Apartemen, sekarang sudah ada 47 yang kita bangun, saat ini 14 yang sudah jadi,” jelas Plt Kepala OIKN.

“Pak Menteri PANRB (Abdullah Azwar Anas) sudah siapkan tahapan pemindahan. Mungkin September ini 1.700 orang yang pindah,” tambahnya.

Para ASN ini akan menghuni apartemen yang setiap unitnya memiliki luas 98 meter persegi. Satu unit terdiri atas tiga kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang keluarga, dan satu ruang makan.

Baca juga:  Aniaya Korbannya Pria di Palopo Ditangkap

Apartemen tersebut telah dilengkapi oleh perabotannya alias fully furnished, sehingga siap untuk ditempati.

“Tower yang sudah fully furnished dan siap ditempati berjumlah sekitar 10-12 tower,” imbuhnya.

Nantinya, akan ada skema khusus untuk penempatan hunian, di mana ASN jomlo kemungkinan akan berbagi hunian. Sementara yang berkeluarga akan mendapatkan satu unit.

Secara keseluruhan akan dibantun 47 tower rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya.

Pembangunan rusun terdiri dari 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit untuk menampung 5.580 orang.

Kemudian Rusun Hankam terdiri dari 7 rusun untuk personel POLRI dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit yang menampung 2.880 personel.

Pembangunan 47 tower rusun bagi ASN dan Hankam dilaksanakan selama 19 bulan dengan target selesai seluruhnya pada Desember 2024.

Saat ini progresnya telah pada tahap persiapan konstruksi dan ditargetkan pada akhir 2024 dapat selesai.

Baca juga:  Mulai 10 September Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN Selama 40 Hari

Kementerian PANRB Sudah Siapkan Skenario

Sementara Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkap mulanya kepindahan PNS memang dirancang untuk dilakukan bulan depan.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemindahan PNS ke IKN tidak dilakukan secara terburu-buru.

“Tadinya kita sudah siapin dengan jumlah apartemen yang sudah siap. Jadi kita tunggu nanti. Karena arahan presiden ditunggu sampai ekosistemnya sudah berjalan, lalu sudah siap, baru dipersiapkan untuk pindah,” kata Anas.

Namun Anas menjamin Kementeriannya sudah menyiapkan skenarionya dan hanya tinggal menunggu arahan Jokowi terkait pemindahannya dan kesiapan ekosistem di IKN sendiri.

“Jadi kami sudah mapping terkait skenario pemindahan ASN, termasuk seluruh kl nanti eselon I-nya siapa, eselon II-nya siapa, nama-namanya sudah ada, dan ini sudah kami mapping cukup lama bersama dengan para sekjen di K/L. dan berapa yang akan pindah duluan di sana nanti disesuaikan dengan kesiapan tempat yang telah disiapkan oleh OIKN, salah satunya oleh beliau, Pak Basuki,” ujar Anas.

Baca juga:  Perdana Jejakkan Kaki di IKN Nusantara, Bupati Indah: Indonesia Baru Dimulai dari Sini

Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan kemungkinan akan pindah permanen ke IKN pada September 2024.

Istana Kepresidenan mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo berkantor secara permanen di IKN bulan depan seiring ada banyak kegiatan kepala negara pada September.

Istana tengah berkoordinasi dengan semua pihak terkait rencana tersebut.

“Ini lagi disiapkan (rencana ngantor permanen di IKN). Nanti Pak Seskab Pramono Anung dan Pak Mensesneg Pratikno yang akan menyiapkan agenda itu, untuk berkantor di IKN,” kata Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden Senin (26/8/2024).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis Bandara IKN sudah bisa beroperasi awal September 2024.

“(Sudah bisa didarati pesawat kepresidenan) awal September,” ujar Budi Karya Sumadi.

Menhub menegaskan kesiapan bandara, termasuk landasan pembangunan landasan pacu (runway) di Bandara IKN yang panjangnya 2.200 meter. (**)